Jumat, 13 Januari 2012

  Metode Tahlily
Metode tafsir yang berusaha untuk menerangkan arti ayat-ayat al-quran dari berbagai seginya berdasarkan urutan ayat atau surah dalam mushaf, dengan menonjolkan kandungan lafadz-lafadznya, hubungan ayat-ayatnya, hubungan surah-surahnya, sebab diturunkannya hadist yang berhubungan dengannya, pendapat para mufasir terdahulu yang dilatarbelakangi oleh  pendidikan dan keahlian.
- Kelebihan tafsir ini, membumikan al-Quran dalam kehidupan manusia, menjadikan ajaran-ajaran al-Quran lebih praktis dan pragmatis.
-Kelemahan dari tafsir ini, kecenderungan untuk melegalisasi masalah-masalah sosial budaya yang timbul seiring dengan perkembangan ilmu. Disamping juga ada potensi ke arah pemaksaan ayat-ayat al-Quran untuk tunduk pada teori-teori ilmiah.

  Metode Ijmaly
 Metode tafsir yang menafsirkan ayat al-Quran dengan cara yang singkat dan global, tanpa uraian panjang lebar tanpa menyinggung hal-hal selain arti yang dikehendaki.
- Kelebihan tafsir ini yaitu  dapat dikonsumsi secara merata oleh berbagai lapisan dan tingkatan kaum muslimin dan bermanfaat untuk mengetahui makna ayat secara glabal
-Kelemahan tafsir ini yaitu karena uraiannya yang terlalu singkat sehingga tidak bisa diharapkan untuk menguak maksud ayat secara luas dengan berbagai aspek sesuai dengan perkembangan zaman,.


   Metode al-Muqarin
Metode tafsir yang menafsirkan  ayat al-Quran dengan cara membandingkan antara ayat dengan ayat atau antara ayat dengan hadist baik dari segi isi maupun redaksi atau antara  pendapat-pendapat para ulama tafsir dengan  menonjolkan segi-segi perbedaan tertentu dari obyek yang dibandingkian.
  Metode al-Mawdhu’y
 Metode tafsir yang menafsirkan ayat al-Quran dengan cara menghimpun seluruh ayat-ayat al-Quran yng berbicara tentang sesuatu masalah atau tema (mawdhu’) serta mengarah kepada suatu pengertian  dan satu tujuan, sekalipun ayat-ayat itu (cara) turunya berbeda, tersebar  pada berbagai  surat dalam al-Qur’an dan berbeda pula waktu  dan tempat turunya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar