Jumat, 13 Januari 2012

ISU-ISU AKTUAL DALAM STUDI ISLAM
1.      PLUARISME (Kemajemukan)
Sikap dasar yang harus dikembangkan kita di kehidupan ini yaitu sikap bersedia untuk menghargai adanya perbedaan masing-masing anggota masyarakat. Perbedaan ini dipandang sebagai hak fundamental, maka langkah selanjutnya adalah masyarakat itu sendiri yang menuntut kepada anggotanya untuk menjaga, menghargai dan menumbuhkan adanya perbedaan itu. Sebab tanpa perbedaan masyarakat itu cenderung tidak kreatif.
2.      HAM dan Gender dalam Studi Islam
Dalam praktiknya, lapisan masyarakat bawah tampak sekali tidak mempunyai power atau hak-hak mereka untuk menentukan nasib mereka sendiri. Sehingga dari sini muncul berbagai penindasan dan pembodohan agar mampu mempertahankan status qounya. Berbagai penindasan dan pembodohan yang dilakukan oleh kalangan pemodal dan kaum raja-raja yang berkuasa, maka timbul suatu gerakan yang mendorong mereka keluar dari belenggu ketertindasan. Disinilah kemudian muncul corak gerakan seperti pemberontakan radikal atau revolusi sosial yang dilakukan atas keinginan terbebas dari semua penindasan dan pembodohan tersebut.
3.      CIVIL SOCIETY
Istilah ini dalam kajian keislaman dikenal juga dengan masyarakat madani yaitu masyarakat Islam yang mengacu kepada model pemerintahan Nabi Muhammad SAW di Madinah.
Masyarakat madani pada hakekatnya adalah reformasi total terhadap masyarakat tak kenal hukum Arab Jahiliyah dan terhadap supremasi kekuasaan pribadi seorang penguasa seperti yang selama ini menjadi pengertian umum tentang negara.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar